Thursday, 25 April 2024 | 11:10 PM

Pemkot-Pangkalpinang-Terima-Penghargaan-Dari-BPMP-Provinsi-Babel-
19 May 2023,09:27 AM

BangkaNews.id -- PANGKALPINANG Pemerintah Kota Pangkalpinang menerima penghargaan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Penghargaan itu diberikan kepada Pemerintah setempat atas keberhasilannya dalam Penerbitan SE Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) tercepat se-Provinsi Bangka Belitung. 

"Syukur alhamdulilah kita menerima penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bangka Belitung atas Penerbitan SE Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) tercepat se Provinsi Bangka Belitung," Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Erwandy, Jumat (19/05/23). 

Dia menjelaskan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) tersebut merupakan instruksi dari Kementrian Pendidikan. 

Itu sesuai dengan Surat Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 0759/C/HK.04.01 Tahun 2023 tentang Penguatan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar Kelas Awal.  

"Saat ini kami telah menginstruksikan seluruh satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Pangkalpinang agar dalam penerimaan Peserta Didik Baru pada tingkat sekolah dasar tidak menerapkan Tes Kemampuan Membaca, Menulis dan Berhitung (CALISTUNG)," ucapnya. 

Kata Erwandy, Hal ini sesuai juga dengan  keinginan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, yang mengatakan perlunya transisi pendidikan dari PAUD ke SD yang menyenangkan. 

Dengan begitu tidak ada lagi terjadi miskonsepsi anak harus menguasai Baca, Tulis, dan Hitung (Calistung). 

"Kami bersyukur atas bimbingan dan arahan Pak Wali Kota, Maulan Aklil (Molen) agar dapat melaksanakan instruksi dari Kementerian Pendidikan tersebut yang pada akhirnya kita di apresiasi oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bangka Belitung dalam bentuk penghargaan itu," tandasya.(La)

Komentar Anda