Friday, 26 April 2024 | 03:32 AM

Trending News
30 May 2023,07:52 PM

BangkaNews.id -- BELITUNG TIMUR Untuk mendukung pembangunan sarana ibadah umum, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan pembangunan ke Surau Babul Jannah, Dusun Merdeka, Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Unit Produksi PT Timah Tbk Belitung Achmad Haspani kepada Manajemen Surau Babul Jannah yang juga Kepala Pengembangan Surau, Ismansyah, Selasa (30/5/2023).

Ismansyah mengatakan, pembangunan surau ini merupakan inisiatif masyarakat untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi umat Islam dalam beribadah.

“Itu usulan dan anjuran masyarakat sejak lama terkait rencana pembangunan surau,” kata Ismansyah.

Lebih lanjut dikatakannya, jika pembangunan surau hanya mengandalkan anggaran desa cukup besar, maka berdasarkan musyawarah dusun, dibentuk panitia untuk merealisasikan rencana masyarakat sekitar dusun tersebut.

Padahal sebelumnya, kata dia, sudah ada donatur yang berjanji akan membangun mushola, namun hal itu belum terwujud. Sehingga masyarakat setempat dari pilar rumah tangga (RT) dan dusun mulai mandiri membangun yayasan surau.

Namun karena keterbatasan anggaran, mereka membuat proposal dan membuat akun, serta mengundang orang-orang yang ingin membantu.

“Jadi setiap bulan manajemen melaporkan dan mempublikasikan hasil pendapatan dan realisasi pembangunan surau,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pembangunannya sudah berjalan selama dua tahun namun belum seluruhnya selesai karena terkendala dana. Sehingga mereka berkonsultasi dengan Pemdes setempat, namun tidak semuanya dapat dipenuhi oleh Pemerintah Desa.

Maka mereka mengajukan bantuan kepada PT Timah Tbk dan mendapat bantuan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan surau tersebut.

“Jadi kita bisa tenang karena nanti bangunannya bisa selesai sampai ke atap sehingga bangunan bisa tertutup dari hujan dan panas,” terangnya.

“Bantuan PT Timah Tbk ini sangat berarti karena dapat mengamankan bangunan yang sudah berdiri seperti kusen dan lainnya,” jelasnya.

Ismansyah menjelaskan PT Timah Tbk sangat tanggap dan cepat dalam merealisasikan bantuan pembangunan surau tersebut, karena satu minggu setelah diberikan proposal, tim PT Timah Tbk langsung mengunjungi lokasi pembangunan.

“Jadi PT Timah Tbk sangat peduli dengan kebutuhan masyarakat Belitung Timur,” ujarnya.(La)

Komentar Anda