Friday, 26 April 2024 | 04:23 PM

Sebelum-Puasa-Radmida-Ziarah-Kemakam-Ayahanda-Tercinta-
09 April 2021,07:02 PM

BangkaNews,id --  Pangkalpinang Bulan puasa ramadhan tinggal menghitung hari. Berbagai tradisi yang dilakukan oleh umat islam sebelum Menghadipi Bulan suci ramadhan salah satunya adalah ziarah kuburan.

 

Hal ini Seperti yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawan pada Jumat (09/04/21) melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Pawitralaya.yang beralamat di jalan Raya Koba Bangka Tengah Provinsi Kep,Bangka Belitung

 

"Hari ini saya melakukan ziarah kubur mengunjungi  makam ayahanda tercinta alm Kol H Dawam," ungkap Sekda.

 

Ia Juga mengatakan,ziarah ke makam pahlawan Pawitralaya ini dalam rangka menghadapi bulan suci ramadhan 1442 H.

 

"Ayahanda seorang pejuang veteran dan juga seorang TNI AD," ungkap Sekda.

 

Radmida pun menjelaskan Sebenarnya ziarah kubur adalah Menurut Agama Islam Ziarah kubur adalah datang ke makam keluarga atau bukan keluarga dengan maksud untuk mendoakan agar diterima amalnya dan dosanya oleh Allah Swt. Ziarah kubur merupakan sunah bagi laki-laki, sedangkan bagi perempuan adalah makruh. Alasannya dikhawatirkan perempuan akan menambah perasaan sedih.

 

Haditsnya berbunyi: “Wa an Ibni Abbas, qala: marra Rasulullahi SAW biquburil-madinati fa-aqbala alaihim biwajhihi faqala: ‘Assalamualaikum ya ahlal-kubur, yaghfirullahu lana wa lakum antum salafuna wa nahnu bil-atsar,”. Yang artinya: “Dari Ibnu Abbas, dia berkata: pernah Rasulullah SAW melewati areal pemakaman di Madinah dan beliau menghadapkan wajah kepada para penghuni kubur sambil berkata: ‘Assalamualaikum wahai penghuni kubur (ahli kubur). Semoga Allah memberi ampunan kepada kami dan kepada kalian. Kalian adalah para pendahulu kami, dan kami akan menyusul kalian,”.ungkapnya ( La)

Komentar Anda