Saturday, 27 April 2024 | 11:23 AM

Bangka
09 December 2022,07:20 PM

BangkaNews.id - Cabang Dinas Pendidikan  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah 1 kunjungi perpustakaan SMA Negeri 1 Puding besar untuk meningkatkan peran dan tata kelola perpustakaan di lingkup kerjanya, Kamis (8/12/22).
.
Diikuti oleh SMA/SMK/SLB negeri dan swasta di lingkup cabdin wilayah 1, studi tiru ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan Tata Kelola perpustakaan sekolah dalam mendukung kegiatan belajar mengajar pada lingkungan sekolah dan peran aktif dalam kurikulum merdeka. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sjamsul Bahri, SH, M.AP., Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala  SMA Negeri 1 Puding Besar Dra. Nihlatin Nisa, dan jajaran guru dan tenaga kependidikan serta Pengelola Perpustakaan dari sekolah lingkup Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, negeri dan swasta. 

Cabdin Wilayah 1 memilih SMA Negeri 1 Puding Besar sebagai tujuan kunjungan kerana pada tahun 2021, perpustakaan ini terpilih menjadi Perpustakaan Terbaik dalam tata Kelola dan Pengembangan Perpustakaan tingkat Sekolah Menengah Atas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pengelola Perpustakaan terbaik urutan ke-13 Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas.

Dra. Nihlatin Nisa dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari hampir seluruh SMA, SMK dan SLB Negeri dan Swasta pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih lanjut akan terus mengembangkan Tata Kelola perpustakaan dalam yang akan mendukung pembelajaran di sekolah. 

“Semoga setelah kunjungan ini bisa memberikan manfaat dan bisa mengembangkan perpustakaan di sekolah masing-masing. Kita juga berharap perpustakaan akan menjadi media dan pendukung pembelajaran yang terbaik dalam mendukung proses belajar mengajar,” tukas Nihlatin Nisa

Harapan  yang sama juga disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bahwa kegiatan ini merupakan wahana untuk transformasi informasi dan pengetahuan tentang Tata Kelola Perpustakaan di lingkungan Sekolah, meningkatkan minat baca bagi seluruh warga sekolah dalam mengali kemampuan Literasi, Numerasi dan Karakter Siswa dalam mendukung kurikulum merdeka.

“Manfaat dari kegiatan ini agar penerapan konsep perpustakaan yang telah dikembangkan oleh SMA Negeri 1 Puding Besar dapat dilaksanakan diseluruh SMA, SMK dan SLB Negeri dan Swasta dalam lingkup Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya,” tambah Sjamsul Bahri.

Sementara itu, Erma Suriany, M.Pd., kepala perpustakaan Pahlawan Empat SMA Negeri 1 Puding Besar menyampaikan rasa syukurnya karena masih bisa memerikan dan membagikan praktik baik dalam tata pengelolaan perpustakaan.

“Jika diingat lagi, perpustakaan Pahlawan Empat telah melewati proses yang panjang untuk sampai pada tahap ini. Bisa dibilang, kami melewati proses dari yang terbatas menembus batas. Karenanya, kami merasa sangat senang dan bersyukur, pengelola Perpustakaan Pahlawan Empat masih dapat membagikan praktik baik dalam mengelola perpustakaan sekolah. Harapan kami, sekolah-sekolah dapat mengambil hal-hal baik dari kunjungan ini sebab perpustakaan saat ini menjadi bagian penting bagi dunia pendidikan. Perpustakaan menjadi tempat terbaik berliterasi,” papar Erma Suriany.

Pelaksanaan Studi Tiru dilakukan dengan metode penjelasan dan paparan serta melihat langsung bagaimana perencanaan pengelolaan, teknis aplikasi katalog dan koding buku-buku perpustakaan selain pengelolaan buku dan karya ilmiah/karya tulis SMA Negeri 1 Puding Besar juga melakukan revitalisasi buku-buku yang sudah lama untuk dijadikan barang yang dapat dimanfaatkan kembali dan karya seni siswa. Kegiatan ditutup dengan kunjungan hasil  produk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Puding Besar. (r/rz).

Komentar Anda