Sunday, 16 May 2021 | 06:42 AM

Dinsos-Gandeng-PKK-Berikan-Bantuan-Bagi-Korban-Kekerasan-Anak-
14 April 2021,12:35 PM

BangkaNews.id -- Manggar,Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Belitung Timur bersinergi dengan PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) memberikan bantuan bagi para korban kekerasan anak di Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa tempat yang tersebar di Kecamatan Gantung dan Kecamatan Kelapa Kampit.(13-04-2021)

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur, Ida Lismawati mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kartini di Kabupaten Belitung Timur dengan sasaran penerima bantuan dari kegiatan ini dikhususkan bagi kaum perempuan dan anak.

“Pertama kami ingin berbagi dengan masyarakat khususnya kaum perempuan dan anak, selanjutnya untuk meminimalisir kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang dalam hal ini bekerjasama dengan PKK Belitung Timur,” ujar perempuan yang biasa disapa Ida.

Walaupun bantuannya tidak seberapa, tapi disini ada kontribusi Pemerintah Daerah dan PKK dalam rangka meningkatkan perekonomian, ini kan bantuannya ada uang tunai juga supaya nanti bisa meningkatkan daya beli, khususnya bagi para korban yang perekonomiannya lemah akibat kekerasan,” kata Ida.

Adapun bantuan yang diberikan bagi para korban kekerasan anak dan perempuan berupa sembako, peralatan sekolah, dan uang tunai.

Ditemui oleh Diskominfo, Ketua Tim Penggerak PKK Beltim, Purwenda Puspitasari menjelaskan tujuan dari kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur terhadap korban kekerasan perempuan dan anak.

Masih dalam rangkaian perayaan Hari Kartini, tujuan dari kegiatan ini sebagai wujud rasa simpati dan empati Pemerintah Daerah untuk membantu para korban kekerasan anak di Belitung Timur,” jelas Wenda.

Purwenda juga menyampaikan harapannya kedepan agar kasus kekerasan terhadap anak di Belitung Timur tidak terulang kembali.

“Harapan saya untuk tahun yang mendatang supaya kekerasan terhadap anak tidak terjadi lagi, karena kalo dilihat dilapangan  kekerasan anak itu banyak terjadi pada keluarga dengan ekonomi yang lemah,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan pemberian bantuan, Maisinun, istri Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar, juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur.

“Sangat apresiasi kegiatan ini, terimakasih Dinas Sosial, khususnya bagian PPA yang telah bekerja keras dalam rangka mendukung Pemerintah Daerah dalam menangani persoalan kekerasan anak dan perempuan,” katanya.

Maisinun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk saling bekerjasama dengan Pemerintah Daerah agar mencegah terulangnya kasus serupa.

“Mudah-mudahan di masyarakat tidak akan terulang kejadian seperti ini, intinya ke depan Pemerintah bersama masyarakat bersama-sama saling bergandengan tangan agar kasus demikian tidak terulang kembali,” tutup Maisinun. (Ts/la)

Komentar Anda