Thursday, 02 May 2024 | 10:35 PM

Pangkalpinang
01 April 2023,07:45 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pangkalpinang menggelar kegiatan sosialisasi kerukunan umat beragama di Auditorium PLHUT Pangkalpinang, Sabtu 01 April 2023.

Kegiatan yang menghadirkan beberapa narasumber, antara lain; Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., Kepala Badan Kesbangpol Pangkalpinang, Donal Tampubolon dan Peneliti Ahli Madya dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut, diikuti 51 orang peserta yang didominasi oleh para generasi muda lintas agama.

Dalam laporan panitia pelaksana yang dibacakannya, Sekretaris FKUB Kota Pangkalpinang, Zamhari mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh maraknya kejadian yang memperlihatkan terjadinya hal-hal yang menyebabkan gesekan-gesekan dan keributan yang mengatasnamakan agama, terjadi di berbagai daerah.

"Oleh karena itu, FKUB Pangkalpinang merasa terpanggil untuk bisa hadir terdepan dan menjadi sebuah wadah yang bisa menjadi salah satu solusi agar toleransi antar umat beragama tetap terjalin dengan baik, meredam hal-hal kecil agar tidak menjadi besar, sehingga gesekan serta perpecahan itu tidak akan pernah terjadi, khususnya di daerah Kota Pangkalpinang ini," paparnya.

Ditambahkannya juga, kegiatan yang diinisiasi oleh FKUB bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Kemenag Kota Pangkalpinang tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan peran tokoh pemuda lintas agama untuk menjaga dan memelihara kerukunan serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan mental dan spiritual umat beragama.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Pangkalpinang, Drs. Kholil Mahfudz dalam sambutannya berpesan agar kerukunan umat beragama yang telah tercipta dengan baik di Kota Pangkalpinang ini agar dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Hal tersebut dapat kita wujudkan dengan tetap menjaga kerukunan intern dan antar umat beragama, serta kerukunan umat beragama dengan pemerintah. Segala bentuk peraturan dan kebijakan yang baik dari Pemerintah, hendaknya dapat didukung dan dilaksanakan oleh umat," pesannya.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi dalam kesempatan tersebut juga memaparkan, Kemenag terus berkomitmen dan konsisten dengan segala bentuk upaya dalam menjaga kerukunan umat beragama.

"Terlebih lagi, tahun 2023 ini telah dicanangkan sebagai tahun kerukunan. Jadi upaya Kementerian Agama bukan hanya sekedar jargon saja, namun juga terus diiringi dengan program dan langkah nyata," ungkapnya.

Dijelaskannya juga, kerukunan adalah aset penting yang harus selalu kita jaga, karena dengan kerukunan lah kita dapat maju dan berkembang bersama. Sementara konflik justru akan menimbulkan perpecahan dan menghambat kemajuan.

Terakhir beliau pun mengapresiasi langkah FKUB Kota Pangkalpinang yang telah telah intens menanamkan nilai-nilai, merawat dan menjaga toleransi dari berbagai generasi melalui kegiatan seperti ini. Karena di pundak generasi muda estafet kerukunan umat beragama yang telah terjalin dengan baik di Kota Pangkalpinang ini akan dilanjutkan dan diwariskan kepada generasi-generasi berikutnya.(red)

Komentar Anda