Saturday, 27 April 2024 | 03:53 AM

Ekonomi
03 May 2023,07:55 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia menggelar acara Simulasi Penanggulangan Bencana Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (03/05/2023).

Acara yang digelar di Hotel Fox Harris Pangkalpinang ini dihadiri oleh 22 orang peserta terdiri dari dinas yang berkaitan dengan kebencanaan serta media lokal. BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai mitra BNPB RI dalam penanganan kebencanaan berperan penting dalam kegiatan tersebut. Acara di awali dengan pembukaan oleh Bagus Tjahjono, Widya iswara Utama BNPB RI di sambut antusias oleh para undangan.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron antariksa, dalam sambutannya menyampaikan merasa senang dan berterimakasih kepada BNPB RI karena memilih Bangka Belitung untuk menggelar acara simulasi ini, mengingat dalam kondisi terkahir banyak terjadi bencana di Indonesia di antaranya bencana alam dan non alam (Covid-19).

“Babel adalah daerah berpotensi banjir dan tidak bisa di prediksi oleh orang awam. perlu pelaksanaan penanganan yang tanggap serta komplet mengetahui dengan cepat potensi dan ancaman di lingkungan tempat tinggal kita terutama wilayah yang berpotensi tinggi” ujar Mikron.

Selain hal tersebut diatas, Mikron juga menambahkan bahwa perlu di bangun sistem mitigasi berbasis masyarakat , karena semua tak lepas dari peran masyarakat itu sendiri. harus dibangun kesadaran untuk tanggap akan potensi-potensi bencana dari daerah sekitar.

“Di Babel sangat kurang tanggap untuk menanggapi potensi bencana, untuk itu utuh dibangun sistem mitigasi yang berbasis pada masyarakat, harus ada sosialisasi dan pendekatan lebih intensif saat ini” ucapnya. (Lury/La)

Komentar Anda