Sunday, 04 June 2023 | 03:27 AM

Trending News
23 May 2023,07:17 PM

BangkaNews.id -- JAWA TIMUR PT Timah Tbk mendapatkan penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang memperoleh Peringkat I kategori AA Sangat Memuaskan sebagai BUMN pengelola arsip berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2022 dan Kualifikasi Akreditasi AA Sangat Memuaskan dalam momentum HUT Kearsipan ke-52.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas didampingi oleh Kepala ANRI Imam Gunarto kepada Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita pada puncak Hari Arsip ke-52 Peringatan Tahun 2023, Senin (22/22/2020) 5/2023) di Hotel El Royal Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada hari kedua Hari Kearsipan ke-52, Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID PT Timah Tbk juga meraih penghargaan sebagai Unit Kearsipan terakreditasi untuk penyelenggaraan kearsipan dengan kualifikasi Special AA.

Peringatan Hari Kearsipan ke-52 mengusung tema “Gerakan Kearsipan: Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul”.

Pada tahun 2022, ANRI telah melakukan pengawasan kearsipan terhadap 79 kementerian/lembaga, 8 Perguruan Tinggi Negeri, 5 Badan Usaha Milik Negara, 34 provinsi dan 422 kabupaten/kota, sehingga total menjadi 548 instansi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip yang efektif dan efisien secara terpadu sehingga dapat menjadi data di pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Ketua ANRI Imam Gunarto menyampaikan tema kearsipan tahun ini sejalan dengan program nasional, dimana program kearsipan memiliki dua dampak yaitu mendorong percepatan reformasi birokrasi lanjutan, dan mendorong pemajuan budaya melalui pembentukan memori kolektif bangsa dan peradaban unggul.

Ia menambahkan, tujuan diadakannya Hari Arsip ke-52 ini agar dapat mengambil semangat perjuangan kearsipan yang dilakukan oleh para pendahulunya untuk kemudian ditiru.

“Komunitas arsip diharapkan mampu meneguhkan dan memantapkan niatnya untuk menyelenggarakan arsip yang lebih baik dalam mendukung visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk Yennita mengatakan, diterimanya penghargaan ini menjadi motivasi perusahaan untuk terus berinovasi dan berupaya melakukan perbaikan di bidang kearsipan.

“Kami sudah mulai melakukan transfer media kearsipan aktif dan digitalisasi dengan mengimplementasikan aplikasi kearsipan internal PT Timah Tbk dan terus melakukan pembinaan kepada seluruh Unit Pengolah Arsip. Semoga semakin memperkuat kinerja kearsipan PT Timah Tbk sebagai salah satu upaya pelestarian karya kolektif bangsa kenangan dan sumber inspirasi untuk masa depan,” kata Yennita. (***)

Komentar Anda