Monday, 29 April 2024 | 04:35 AM

Sainstek
13 December 2023,02:50 PM

BangkaNews.id -- PANGKALPINANG Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan penting untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.(13/12/2023)


Untuk itu, PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk mendorong pelaku UMKM agar naik kelas melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). Dilaksanakan sejak tahun 2000 tercatat ribuan pelaku UMKM di Wilayah Operasional PT Timah Tbk di Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau dan Jakarta yang memanfaatkan program PUMK PT Timah Tbk.


Upaya yang dilakukan PT Timah Tbk untuk kemajuan UMKM yakni dengan mendukung permodalan, pembinaan, pelatihan, promosi hingga pemasaran produk UMKM. Sehingga diharapkan para pelaku UMKM bisa naik kelas.


Pada kuartal tiga tahun 2023 ini, sebanyak 15 mitra binaan PT Timah Tbk berhasil naik kelas. PT Timah Tbk terus mendorong pelaku UMKM untuk bisa berkembang.


Mitra binaan PT Timah Tbk ini bisa naik kelas karena memenuhi beberapa kriteria seperti peningkatan jumlah pegawai, peningkatan nilai pinjaman, peningkatan kapasitas produksi, peningkatan omset, pelibatan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk, meningkatkan pemasaran produk di luar kota/negeri dan bisa memperoleh sertifikat nasional/internasional.


Upaya lainnya yang dilakukan PT Timah Tbk untuk membantu kemajuan UMKM ialah membantu promosi dan pemasaran produk agar semakin dikenal. Sehingga bisa berdampak pada peningkatan produksi.


Anggota holding industri pertambangan MIND ID PT Timah Tbk juga membawa mitra binaan potensial untuk memasarkan produk dalam ajang pameran tingkat nasional dan internasional. Tak sampai di situ, PT Timah Tbk juga melakukan pembinaaan bagi para mitra binaan untuk mengembangkan usaha mereka.


PT Timah Tbk juga turut memasarkan produk UMKM ke pasar digital diantaranya melalui Pasar Digital UMKM BUMN (PaDI), meningkatkan pemasaran produk melalui Tins Gallery dan Galery Serumpun Sebalai.


PT Timah Tbk telah menyalurkan pinjaman permodalan bagi UMKM senilai Rp10 miliar pada tahun 2023 yang disalurkan melalui Bank BRI bagi ratusan pelaku UMKM di wilayah operasional perusahaan.


Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah Tbk terus mendorong pelaku UMKM untuk berkembang dan mandiri. Sehingga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.


“PT Timah Tbk telah menjalankan program PUMK sejak tahun 2000, hal ini adalah salah satu bentuk dukungan perusahaan untuk kemajuan usaha kecil di wilayah operasional perusahaan agar bisa berkembang dan mandiri sehingga bisa mendorong ekonomi masyarakat," ucap Anggi.(*"*)

Komentar Anda