Sunday, 15 December 2019 | 08:55 AM

Nasional
11 November 2019,08:51 PM

BangkaNews.id -- Jakarta Anggota DPR RI Rudianto Tjen dan Bambang Patijaya mendukung percepatan pembangunan pelabuhan di Kepulauan Bangka Belitung, yang akan dilaksanakan selama dua tahun ke depan.

Dukungan tersebut disampaikan dalam pertemuan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, KA Tajudin didampingi kepala dinas perhubungan kabupaten/kota, dengan Anggota DPR-RI Dapil Babel, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Rombongan diterima langsung Anggota DPR RI dapil Babel Rudianto Tjen, yang pada saat itu menyertakan Ketua Komisi V Lazarus. Dan di ruang lain diterima oleh anggota DPR-RI dari dapil yang sama Bambang Patijaya. Sedangkan anggota dewan asal Babel lainnya Zulistyo, pada saat bersamaan sedang mengikuti munas partai.

Kepala Dinas Perhubungan (dishub) Babel KA Tajudin mengatakan pertemuan bertujuan untuk memperkuat dukungan dari legislator pusat dalam proses percepatan pembangunan pelabuhan di Babel tahun 2020 dan 2021.

"Pertemuan untuk memperkuat dukungan dewan untuk percepatan pembangunan pelabuhan di Babel tahun 2020 dan 2021 guna mewujudkan konektivitas antar wilayah," ungkap Tajudin usai pertemuan.

Selain membahas dukungan pembangunan pelabuhan, ia juga menyampaikan rencana penambahan bantuan armada bus sekolah dan usulan bus wisata.

Dalam pertemuan itu, Tajudin memaparkan beberapa rencana pembangunan pelabuhan di Babel, seperti pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam, pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular, Pelabuhan Dendang dan Pelabuhan Penyeberangan Manggar.

"Juga (dipaparkan) beberapa pelabuhan penyeberangan Belinyu di Bangka dan Bakit Bangka Barat, pelabuhan Tanjung Gading Basel, pelabuhan di Pulau Gresik Belitung dan lain-lain," tambahnya.

Terkait kebutuhan bus sekolah, Tajudin menyebutkan perlunya penambahan moda transportasi tersebut mengingat tingkat lakalantas fatal cukup tinggi yang dialami para pelajar dan mahasiswa. Ditambah lagi dengan jarak tempuh sekolah yg relatif jauh dari rumah masing-masing.

Mantan Kepala Dinas Kominfo Babel ini juga memaparkan kebutuhan lain dalam melayani kunjungan wisatawan ke obyek-obyek wisata dan kuliner di Babel berupa usulan bus wisata. Keberadaan bus ini juga dimaksudkan sebagai media sosialisasi sadar wisata kepada masyarakat.

Atas kunjungan tersebut ketiga legislator menyambut baik dan berkomitmen untuk mengawal usulan yang sudah disampaikan.

Pembangunan pelabuhan-pelabuhan di Babel sebagai wilayah kepulauan, dinilai dapat segera diwujudkan. Dengan catatan usulan tersebut harus memenuhi persyaratan teknisnya.

"Dan tataran dewan adalah tataran kebijakan, jadi nanti dewan tinggal menendangnya saja untuk menjadi gol," sebutnya.

Tajudin menyebutkan, untuk memonitor tindak lanjut dari usulan itu Ketua Komisi V bersama anggota DPR RI asal Babel akan selalu berkomunikasi dengan daerah. (Ismail Muridan)

Komentar Anda