Monday, 06 May 2024 | 05:26 PM

Pangkalpinang
24 June 2021,02:23 PM

BangkaNews,id – Pangkalpinang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro menghadiri Konferensi Diseminasi Pembelajaran dan Hasil Program Localise SDGs (Sustainable Development Goals) secara virtual di Ruang Pertemuan Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (24/6/2021).

 

Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong percepatan pemulihan pandemi untuk percepatan tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

Program Localise SDGs melaksanakan peningkatan kapasitas Pemerintah Daerah berupa rangkaian pelatihan untuk mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) ke dalam dokumen perencanaan daerah, termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Aksi Daerah (RAD) TPB.

 

Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman, Suharti mengatakan pandemi membawa pengaruh terhadap seluruh sektor pembangunan dan kehidupan masyarakat.

 

"Selama dua tahun terakhir Indonesia berjuang menghadapai pandemi Covid-19 yang tentunya telah merubah tatanan kehidupan manusia dan memberikan tekanan dan guncangan dalam skala yang masif terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan, " jelasnya.

 

Jakarta sangat berkontribusi terhadap perekonomian di Indonesia. Kolaborasi merupakan strategi yang sangat tepat dalam melaksanakan kebijakan pembangunan.

 

"Melalui SDGs Jakarta telah membangun platform kolaborasi spesial berskala besar dengan melakukan kolaborasi dibidang pangan, pendidikan, permukimandan penanganan sampah yang semua lingkup pembangunan berkelanjutan, dan dalam sisi pandemi Covid-19 kami memperhatikan menangani kematian ibu dan bayi serta pelaksanaan vaksinasi Covid-19, " jelasnya.

 

Kata Suharti, SDGs itu sangat penting dan seluruh tujuannya berkaitan erat dengan pembangunan di Indonesia baik di kota maupun di desa.

 

Diharapkan melalui pembelajaran pengalaman Localise SDGs dapat berikan inspirasi, karena  menurutnya yang dilakukan SDGs program tentunya layak menjadi rujukan dan jadi contoh praktik baik bagi proses pengaruh di berbagai pemerintah daerah. (Eka/La)

Komentar Anda