Monday, 23 September 2019 | 07:30 AM

Pangkalpinang
13 July 2016,11:27 AM

BangkaNews- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang tegaskan tidak ada terdapat vaksin palsu di Kota Pangkalpinang.

Walau tersebar kabar yang sudah meresahkan hampir seluruh masyarakat Indonesia termasuk di Provinsi Bangka Belitung (Babel) terkait kabar beredarnya vaksin palsu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang tegaskan tidak terdapat vaksin palsu di Pangkalpinang. 

"Kami sudah melakukan survey dan pemantauan bersama pihak terkait seperti BPOM dan lainnya Rumah Sakit dan sejumlah Apotek di Pangkalpinang, dalam penyisiran tersebut kami belum menemukan vaksin palsu," ujar Syahrizal, Kepala Dinkes Kota Pangkalpinang, Selasa (12/7) 

Walau dalam pemberitaan belakangan ini ada beberapa tempat salah satunya di Apotek yang berada di Kota Pangkalpinang yang terindikasi terdapat vaksin palsu dirinya mengatakan itu belum pasti vaksin palsu. 

Pasalnya, dirinya mengatakan untuk melakukan pengecekan apakah vaksin tersebut palsu atau tidaknya harus melalui hasil laboratorium (Lab) dan tidak dapat langsung lihat dengan kasat mata. 

"Untuk saat ini kita belum menemukan adanya vaksin palsu disini, kita masih akan menunggu hasil lab terlebih dahulu dari Balai Pengawas Obat Makanan (BPOM) terlebih dahulu, setelah itu baru kita bisa menyimpulkan apakah ada atau tidak beredarnya vaksin palsu di Pangkalpinang," tegasnya 

Selain itu sambungnya, untuk mendapatkan vaksin sendiri tidak bisa didapatkan begitu saja dengan mudah, semua harus melalui pihak yang resmi yang berwenang, karena vaksin tersebut di datangkan dari pusat, setelah itu baru masuk ke provinsi, sesampai di provinsi vaksin dilakukan uji lab. (Uci)

Komentar Anda