Wednesday, 21 August 2019 | 07:51 PM

Pangkalpinang
18 July 2019,02:48 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad), akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2019, yang pelaksanaannya akan dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) I Pangkalpinang pada Sabtu, 20 Juli 2019.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Ultra Tistawati, S.Ag. yang juga merupakan Ketua Panitia kegiatan tersebut mengungkapkan, pendaftaran peserta KSM tersebut sudah dimulai sejak tanggal 12 Juni dan berakhir pada tanggal 12 Juli 2019 yang lalu, dan tercatat telah ada 65 orang peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut dalam 9 cabang yang dikompetisikan untuk tingkat MI, MTs, dan MA.( 18-07-2019 )

,"Para peserta tersebut didaftarkan oleh operator Madrasah masing-masing melalui website KSM, dan kemudian data pendaftaran tersebut diverifikasi kembali oleh salah seorang staf ahli Seksi Penmad yang juga menjadi panitia kegiatan, H.Delip Atmaja, M.Pd. untuk memastikan apakah calon peserta tersebut memenuhi syarat atau tidak untuk diikutsertakan dalam kompetisi,tukas Ultra.

Dilanjutkannya, pada hari Selasa, 16 Juli 2019 yang lalu pihaknya juga telah menggelar Rapat Finalisasi dan technical meeting pelaksanaan kegiatan dengan mengunndang para peserta, official dan panitia, guna membahas dan mematangkan persiapan terkait pelaksanaan KSM ini.

,"Sehingga diharapkan pelaksanaan kompetisi nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta dapat menghasilkan para juara yang dapat mewakili Kota Pangkalpinang pada ajang serupa di Tingkat Provinsi.

"Setidaknya ada dua tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan KSM ini, antara lain, tujuan umum : untuk meningkatkan daya saing lulusan Madrasah di bidang Sains dan tujuan khusus : penseleksian peserta untuk mengikuti KSM pada tingkat Provinsi,” lanjutnya.

Terkait hal ini, salah seorang panitia, H. Delip Atmaja, M.Pd. juga berkomentar, muatan soal yang akan diujikan dalam KSM kali ini adalah soal-soal Sains yang berintegrasi dengan pelajaran Agama Islam di Madrasah. 

"Soal-soal dalam KSM kali ini menurut kami lebih sulit dari soal-soal Sains lainnya, karena dalam pengerjaannya para peserta diharuskan juga memahami ilmu agama Islam, selain ilmu eksak. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik dengan mempelajari soal-soal latihan yang telah diberikan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam kompetisi nanti.” Pungkasnya. ( Gg )

Komentar Anda