Wednesday, 21 August 2019 | 06:59 PM

Pasca-Penerapan-PTSP-Layana-Di-Kemenag-Kota-Pangkalpinang-Semakin-Prima
09 August 2019,09:55 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Pasca diresmikan dan diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), mekanisme dan sistem pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang menjadi semakin baik dan prima, sehingga kepuasan masyarakat dan para pengguna layanan terhadap pelayanan yang diberikan pun semakin meningkat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M. saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, 09 Agustus 2019.

“Saat ini di PTSP Kemenag Pangkalpinang terdapat 46 jenis layanan. Para penerima layanan tidak perlu repot-repot lagi mendatangi ruangan pengolah untuk mendapatkan layanan. Semua layanan yang mereka kehendaki, dapat langsung diproses dan didapatkan di PTSP dengan estimasi waktu penyelesaian yang jelas,” tutur Eyde.

Diceritakan Eyde, awal mula peresmian PTSP tersebut, pihaknya hanya mempunyai waktu sekitar 3 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari ruangan, konsep mekanisme alur pelayanan, berikut kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola layanan PTSP tersebut.

“Ada cerita unik pada waktu penyiapan PTSP ini. Dalam waktu deadline yang singkat tersebut, tukang yang mengerjakan PTSP pulang mudik ke Jawa dan belum kembali sampai waktu yang ditentukan, saat itu kami pun sempat kebingungan mensiasatinya, karena sesuai Instruksi Kepala Kantor, PTSP tersebut harus sudah diresmikan pada tanggal 02 Juli 2019. Akhirnya, setelah mereka kembali, kami pun menginstruksikan kepada para tukang tersebut agar dapat bekerja lembur sampai malam. 

Dan Alhamdulillah, PTSP tersebut dapat selesai dengan hasil yang memuaskan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” kenang Eyde.

Dilanjutkannya, dalam penyiapan draft mekanisme dan alur pelayanan PTSP tersebut, beliau pun sempat kelimpungan dan sampai beberapa hari lembur hingga larut malam, karena persiapan tersebut pun dikerjakannya sendiri dari nol.

“Baru kemudian setelah draft tersebut selesai, kami pun merapatkannya dengan Kepala Kantor beserta para Kepala Seksi untuk finalisasi jenis layanan pada masing-masing satker yang akan ditetapkan pada PTSP Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang,” lanjutnya.

Terkait SDM petugas pengelola PTSP tersebut, Eyde pun mengatakan bahwa, Ia pun rutin memberikan pengarahan dan pembinaan kepada mereka guna peningkatan mutu pelayanan pada PTSP tersebut. Bahkan beliau pun sempat membawa para petugas tersebut untuk melakukan kaji terap ke PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, setelah melewati proses tersebut, kini PTSP Kemenag Pangkalpinang sudah sangat memuaskan, baik dari segi ruangan maupun pelayanan. Bahkan beberapa waktu yang lalu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung pun sempat datang meninjau dan mempelajari PTSP kami sebagai bahan acuan untuk diterapkan di Kemenag Kabupaten Belitung,kata Eyde.

Ditambahkannya, pada Kamis, 08 Agustus 2019 kemarin pun, PTSP Kemenag Pangkalpinang sempat didatangi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meninjau sekaligus memberikan pembekalan kepada para petugas pelayanan. Dan Alhamdullah, Kabag TU pun memberikan apresiasi atas telah terealisasinya PTSP di Kemenag Pangkalpinang dan beliau pun berharap agar dengan hal tersebut pelayanan dapat berjalan dengan lebih baik.

“Kedepan kami pun berharap agar kualitas pelayanan pelayanan pada PTSP ini dapat terus ditingkatkan, sehingga dapat semakin memberikan kemudahan bagi para pengakses layanan,” pungkasnya. ( Gg )

Komentar Anda