Tuesday, 12 November 2019 | 03:19 AM

Trending News
13 October 2019,12:56 AM

BangkaNews.id -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB Doni Monardo selesai menanam pohon Di Bandar Depati Amir rombongan lansung bergerak cepat meninggalkan bandara menuju lokasi penanaman pohon selanjutnya di kawasan Kalekak Nusantara, Bukit Mangkol, Desa Terak, Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah. Dari aspal, roda-roda mobil rombongan Kepala BNPB berganti menggilas tanah terjal. Medan yang berat itu harus dilalui menggunakan mobil jenis dobel gardan 4x4. Terik siang matahari pun seakan tak berararti.

Soal tanaman, pengalaman dan pengetahuan Doni Monardo mungkin sudah melebihi ahli dan peneliti tanaman. Bak sang jenderal yang merangkap sebagai profesor tanaman. Hal itu terbukti saat Doni mampu mengoreksi nama, jenis hingga asal muasal bibit tanaman yang diserahkan oleh panitia untuk ditanamnya pada kegiatan penanaman pohon di Kawasan Kalekak Nusantara itu.

"Ini yang benar bibit Kayu Hitam, dari Sulawesi. Bukan Pohon Kayu Ulin ya," kata Doni meluruskan yang disambut tawa rombongan.( 12-10-2019 )

Prosesi ritual penanaman itu juga dilakukan bersama-sama dengan Bupati Bangka Tengah Walilkota Pangkalpinang Dandim 0413/Bangka Sekdaprov beserta jajaran rombongan yang lain sehingga dalam sehari Doni Monardo telah menanam tiga jenis tanaman yang berbeda. Harapan yang tersurat dari Kepala BNPB adalah agar daerah lain bisa mencontoh apa yang dilakukan orang-orang pemerhati dan peduli dengan lingkungan seperti yang bisa dilihat di Provinsi Bangka Belitung.

"Daerah lain harus bisa mencontoh kemauan dari apa yang sudah dilakukan masyarakat peduli lingkungan Bangka untuk masa depan cucu kita semua,"ungkapnya ( La/Hms)

Komentar Anda