Wednesday, 27 May 2020 | 10:14 PM

dr-Hakim,-2000-Liter-Hands-Sanitizer-Hasil-Pengadaan-di-Distribusikan-ke-Kecamatan-dan-Kelurahan-
06 April 2020,09:48 PM

BangkaNews.id -- Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan pendistribusian sebanyak 2000 liter Hand Sanitizer kepada seluruh kelurahan dan kecamatan maupun instansi pemerintah diwilayah Kota Pangkalpinang, Senin (06/04/20).

Selain disalurkan kepada instansi yang berada diwilayah Kota Pangkalpinang, pendistribusian hand sanitizer juga turut diberikan kepada PKK Kota Pangkalpinang dan Dharma Wanita maupun Masyarakat Pangkalpinang.

"Semuanya ini kita berikan dalam bentuk 5 liter. Diharapkan kepada penerima untuk dapat mendistribusikannya kembali kepada yang benar-benar memerlukan," ungkap dr Hakim saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

Lanjut dikatakannya, 2000 liter Hand Sanitizer menurutnya itu merupakan hasil dari pengadaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang.

"Itu kita dapatkan dari hasil pengadaan," sebutnya. 

Selain itu kata dr Hakim, terkait untuk alat Rapid Test, Dinas Kesehatan hanya memiliki sebanyak 300 alat Rapid Test. 

"Sudah digunakan sebanyak 285 Rapid Test. Kita gunakan untuk pemeriksaan ODP maupun tenaga kesehatan yang kontak langsung dengan ODP. Untuk hasil kemarin didapat satu positif dari hasil Rapid Test, namun yang bersangkutan sudah di bawah ke gedung diklat," ucapnya. 

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang nantinya akan mendapat bantuan sebanyak 400 Rapid Test dari Provinsi Bangka Belitung.

"Ini diharapkan, dengan adanya Rapid Test minimal bisa menambah kepercayaan terhadap petugas kesehatan untuk masa pemantauan terhadap ODP. Jika hasilnya negatif  petugas akan merasa tenang walaupun nanti pada hari ke 10 akan dilakukan test selanjutnya," jelasnya. 

Dirinya menghimbau kepada masyarakat Kota Pangkalpinang untuk selalu menggunakan masker dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita cukup gunakan masker dari bahan kain, namun perlu penambahan tisu sebagai antisipasi daya serap virus agar tidak langsung masuk kedalam paru-paru," ungkapnya. ( La )

Komentar Anda