Monday, 29 April 2024 | 04:37 AM

Nasional
01 August 2022,01:33 PM

BangkaNews.id -- Bangka Belitung Setelah melakukan E-Broadcast dan pencarian korban terapung di permukaan air ( Person in Water ), ditemukan dalam keadaan selamat pada pukul 08:30 WIB di posisi 1⁰3954"S 106⁰5318"E, Korban ditemukan oleh Kri Bung Tomo, KRI Frans Kaisiepo dan KRI John Lie sedang melaksanakan konvoi dalam rangka serial latihan Garuda Shield menuju Batam.

3 Orang Dievakuasi KRI Bung Tomo, 1 orang dievakuasi KRI Frans Kaisiepo, selanjutnya korban dievakuasi menuju Batam.

Diketahui 4 orang tersebut yakni Lasuharjo (L/29) Asal Sulawesi Tenggara, Surianto (L/41) Asal kendari, Ikram (L/35) Asal Buton, dan Hajra (L/21) Asal buton merupakan nelayan yang berangkat dari Pangkal Balam dengan menggunakan KM.Rizky berangkat pada Tanggal 26 Juli 2022 menuju perairan timur Kalimantan untuk mencari ikan. Perahu nelayan tersebut berukuran 19 meter dengan mesin Mitsubishi berkekuatan 16 HP, Pada tanggal 27 Juli 2022 kapal mengalami keretakan dan tenggelam dikarenakan cuaca buruk. selanjutnya Korban melaksanakan survival dengan peralatan yang ada. 

Pada tanggal 1 Agustus 2022 Pukul 07.20 Wib para korban telah sandar di dermaga 99 Batu Ampar Batam, selanjutnya ke-4 korban di evakuasi ke Lanal Batam di sambut oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang.

Dengan ditemukannya para korban selamat dan tidak ada lagi korban dalam pencarian maka Operasi SAR Gabungan terhadap 4 Orang Person In Water di perairan Bangka Belitung secara Resmi ditutup.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang ( Basarnas Babel ) selaku SAR Mission Cordinator mengucapakan terima kasih banyak atas bantuan semua Instansi yang terlibat dalam Operasi SAR Gabungan ini, berkat sinegritas dan bantuan rekan - rekan Potensi SAR semua korban cepat dapat ditemukan dengan selamat.

sebelumnya pada tanggal 30 agustus 2022 Kantor Pencarian dan Pertolongan  Pangkalpinang menerima info dari BASARNAS COMMAND CENTER (BCC) bahwa telah terjadi kecelakaan kapal PIW ( Person In Water) di perairan Bangka Kep. Bangka Belitung.

Pada pukul 13.07  WIB kapal bay bridge dari Singapura dengan tujuan Jakarta telah melihat 2 orang yang berada di sekitaran perairan Bangka mengapung di permukaan air dengan posisi (red)

Komentar Anda