Saturday, 18 May 2024 | 04:10 PM

Bangka Tengah
28 August 2015,01:49 AM

BangkaNews - Sekitar 700 umat berkumpul di Kelenteng Sip Sam Fun di Pangkalan Baru Bangka Tengah. Mereka menyelenggarakan Sembhayang rebut ( Tjhit Ngiat Pan) yang digelar sejak sore hari, guna melaksanakan ritual Warga keturunan Tionghoa, Kamis (27/8) sore tadi.

Seperti diketahui bersama Tjhit Ngiat Pan adalah  kepercayaan warga Tionghoa, yang mempercayai bahwa pada tanggal 15 bulan 7 tiap tahun Imlek, pintu akherat terbuka lebar. Arwah-arwah yang berada di dalamnya akan keluar dan bergentayangan turun ke dunia.

" Di dunia mereka terlantar dan tidak terawat, sehingga para manusia di dunia akan menyiapkan ritual khusus untuk mereka ini,yaitu berupa pemberian bekal berupa makanan, pakaian dan uang agar para arwah ini tidak mengganggu manusia di dunia," terang Chia Sin Liong (SEtiadi Ali) Wakil ketua Bidang Kerohanian Kelenteng Sip SaM Fun kepada BANGKANews.com, tadi sore

Berangkat dari situlah, berbagai atraksi disajikan oleh pihak penyelenggara. Mulai dari  Barongsai dan berjalan diatas api yang panas membara, hiburan musik yang turut menyemarakan malam sembhayang rebut, hingga waktu yang ditunggu terkat melakukan sembahyang rebut.(nyo/01)

Komentar Anda