Monday, 13 May 2024 | 03:06 AM

Pangkalpinang
17 October 2016,01:42 AM

BangkaNews- Mempersiapkan diri menjadi perkampungan iklim (kampung penghijauan/rindang, bersih, rapi, teduh) yang dicanangkan Pemerintah, Kelurahan Selindung lakukan kerja bakti.

Kegiatan sendiri di lakukan sepanjang jalan Kelurahan Selindung dengan melibatkan seluruh lembaga kelurahan yang ada, seperti Lurah, Rukun Tetangga/Warga (RT/RW), Lembaga Pemasyarakatan Masyarakat (LPM), PKK serta majelis taklim.

"Ini kami lakukan sebagai ungkapan bahwa  lembaga Kelurahan Selindung bersatu dan peduli pada lingkungan dan siap untuk dijadikan Perkampungan Iklim ,"ujar Lurah Selindung Effendi M.H.Ali, Minggu (16/10).

Dikatakan Effendi, dalam hal ini pihak nya (Kelurahan) tidak melibatkan masyarakat dikarenakan ini merupakan gerakan sosialisasi berjalan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam hal peduli terhadap lingkungan.

"Ini merupakan gerakan dan sekaligus merupakan sosialiasi untuk menunjukkan kepada masyarakat sebagai motivasi agar mereka dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan, baik itu meliputi dari menjaga lingkungan, peduli kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan,"jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, bahwa masih ada berapa titik dikawasan Kekurahan Selindung yang masih menjadi tampat pembuangan sampah masyarakat yang tidak pada mestinya, hal ini dikarenakan di wilayah Selindung tidak mempunyai tempat pembuangan sementara  sampah.

"Masih banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan di kawasan Kelurahan ini, ditambah lagi banyak  masyarakat dari luar dan perbatasan yang juga turut membuang sampah di wilayah,"ungkapnya.

Sementara dikatakan Effendi, dari pihak Pemerintah juga belum menyiapkan tempat sampah dan belum adanya tempat penampungan sampah di wilayah Kelurahan Selindung, "selama ini kami kesulitan untuk membuang sampah, sehingga masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, dari itu kami mengharapkan dari pihak Dinas Kebersihan untuk menyiapkan tempat sampah,"pintanya

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menanam bibit tanaman di sepanjang jalan, hal ini dimaksudkan agar sepanjang jalanan Kelurahan Selindung menjadi rindang (teduh). Selain itu, dirinya juga menghimbau masyarakatnya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan tertangkap membuang sampah maka akan di tangkap untuk segera di laporkan ke kantor lurah untuk diberikan sangsi, serta bagi yang melaporkan hal tersebut maka akan di berikan reward,"tegasnya

Lanjutnya,"Kami yang merupakan kelurahan bungsu di Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang dengan ini menginginkan banyaknya perubahan sehingga wilayah kami menjadi aman, sejahtera serta pembangunan yang meningkat,"tandasnya 
(Uci)

Komentar Anda