Friday, 17 May 2024 | 01:40 PM

Pangkalpinang
11 January 2017,08:10 AM

BangkaNews- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang Armada, utamakan pelayanan kepuasan masyarakat dalam kepengurusan document.

Dari hasil survei Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) di lingkungan dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang untuk semester II tahun 2016 sebesar 92,36 persen memperoleh predikat sangat memuaskan. 

Hanya saja, sebagaimana dari laporan terlampir pada IKM semester pertama tahun 2016 Dinas Dukcapil mendapatkan nilai sebesar 96,36 persen, walau terjadi penurunan sebesar 4 persen kedua angka tersebut masih termasuk kategori sangat memuaskan.

Dikatakan Armada, penurunan angka IKM tersebut dikarenakan anatara lain, tidaktersedianya belangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sejak bulan Agustus tahun 2016 sampai saat sekarang. Di tambah dengan peralatan perekam e-KTP yang ada di lima Kecamatan telah berusia tua dan dalam keadaan rusak berat. 

" Kami sedikit sedih dengan adanya penuruan angka IKM sebesar 4 persen tersebut, walau demikian kami di tahun 2017 ini akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi lebih baik," ujar Armada, Kamis (04/1). 

Walau demikian, di tahun 2017 dirinya akan mengambil langkah-langkah dan memohon dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) untuk memperbaiki kualitas pelayanan tersebut dengan dapat membantu mengganti peralatan rekam e-KTP yang rusak untuk penempatan di Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) "Service Excelent" bagi seluruh pegawai Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang yang diharapkan dapat memperbaiki kualitas pelayanan Dinas Dukcapil untuk kedepannya. 

Tak kalah penting dari itu, dirinya akan mempercepat waktu penyelesaian document kependudukan yang biasanya rata-rata menghabiskan waktu dua sampai tiga hari menjadi tiga sampai empat jam saja. 

" Terbukti dalam 2 hari terakhir beberapa produk bisa kami selesaikan dalam waktu tersebut, jadi jika tahun kemarin moto kami 1 hari selesai maka tahun ini moto kami 3 jam selesai," tandasnya. (Uci).

Komentar Anda