Monday, 29 April 2024 | 08:18 PM

Serumpun Sebalai
06 August 2023,06:41 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang (05/8/2023), Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi Kondisi Membahayakan Manusia terhadap satu orang ABK Kapal KM Hasil Laut Jaya 1B yang terjatuh di perairan Gelasa, Kab. Bangka Tengah pada hari jumat pukul 18.30 WIB.(6/08/23)

Kapal KM Hasil Laut Jaya 1B sebelumnya berangkat pada hari Jumat 4 Agustus 2023 pukul 18.30 WIB dari wilayah muara baru menuju area pemancingan/fishing ground di wilayah selat karimata. Namun sebelumnya korban atas nama Sohari izin pergi turun untuk ke toilet. Karena korban tak kunjung balik, teman korban yang bernama Setiawan mengecek rekan nya tersebut. Namun korban sudah tidak ada lagi di toilet tersebut.

Mengetahui hal tersebut, kapten Kapal melakukan pencarian dengan menyusuri kembali track kapal yang sudah dilewati, namun korban tetap tidak di temukan.

Kemudian pada hari sabtu tanggal 5 Agustus 2023 pukul 15.51 WIB. Bapak Rizal selaku pengurus kapal melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang(Basarnas)

Mendapatkan informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 2 Tim Rescue menuju lokasi diketahui terakhir (Last Known Position) dan melakukan pencarian pada koordinat 2°36.00LS 107°05.00BT.

Upaya pencarian akan menggunakan metode ESAR atau Explorer Search And Rescue menggunakan Alut KN SAR Karna, selanjutnya pencarian sesuai SOP Basarnas akan di lakukan selama 7 hari atau bisa saja di hentikan apabila korban cepat ditemukan, apabila korban tidak ditemukan dalam kurun 7 hari maka dilanjutkan pemantauan dan apabila ada tanda - tanda korban Operasi SAR dapat dibuka kembali.(***)

Komentar Anda