Monday, 29 April 2024 | 08:33 PM

Serumpun Sebalai
20 December 2023,09:37 AM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan kesiapsiagaan dalam menyambut Natal dan Tahun baru tahun 2023.


Bentuk kesiapsiagaan tersebut adalah di buatnya posko-posko disetiap titik jalur trasportasi baik darat,udara maupun laut. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa, Rabu (20/12/2023) di ruang tamu kantor BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


“Dalam menyambut Nataru 2023 ini kami sudah menyiapkan posko-posko di setiap titik jalur transportasi seperti di Pelabuhan Pangkal Balam,di Bandara Depati Amir, di Hananjoedin,Sadai sampai Tanjung Kalian. artinya dalam posko tersebut berkumpul komponen-komponen dalam penanggulangan bencana, baik itu masalah cuaca,keamanan lalu lintas dan keamanan dalam pelayaran. artinya kami siap menginformasikan apabila terjadi bencana.” ucapnya


,"Selain daripada itu, orang nomor satu di BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, menjelaskan cuaca ekstrim yang terjadi pada Bulan Desember bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru 2023. Hal tersebut menyebabkan gelombang pasang dan Rob yang tinggi akibat dari pegaruh gravitasi antara bumi dan bulan.


“Bulan Desember tahun ini masuk ke musim penghujan dan musim utara yang mengakibatkan gelombang pasang dan Rob yang tinggi akibat gravitasi bumi dan bulan. seperti kemarin di Pasir padi airnya sudah sampai ke darat menghalangi jalan. di tambah lagi cuaca yang tidak menentu kadang panas kadang hujan. menhadapi hal ini yang pertama kita harus menjaga kesehatan dan kedua kita harus siaga. kami sudah melakukan rapat di dua tempat Bangka dan Belitung untuk menginventarisir peralatan perlengkapan logistik serta personil di istansi-instansi penggiat bencana. Ada Dinas Lingkungan Hidup, TNI,POLRI,Dinas Sosial, PU, relawan dan beberapa instansi lainnya.” jelas Mikron.


Di akhir obrolan, Mikron Antariksa menghimbau kepada masyarakat atau pelancong yang datang ke Bangka Belitung agar dapat lebih memperhatikan keadaan cuaca serta menjaga kesehatan dan selalu siaga. (Lury/la)

Komentar Anda