Thursday, 16 May 2024 | 05:17 AM

Serumpun Sebalai
18 May 2015,01:54 PM

BangkaNews-Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi dengan calon investor asal Tiongkok, meninjau pembangunan dan pengembangan pelabuhan pada empat kabupaten di provinsi itu.

"Calon investor asal Tiongkok ini sudah menyatakan berminat untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan di provinsi ini," kata Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Babel Yan Megawandi di Pangkalpinang, Senin.

Saat ini, kata dia, penjajakan kerja sama pembangunan pelabuhan dan fasilitas lainnya dilakukan peninjauan lokasi dan kondisi Pelabuhan Tanjung Ular di Kabupaten Bangka Barat, Aer Anyir di Kabupaten Bangka, Sungai Selan di Kabupaten Bangka Tengah dan Tanjung Batu di Belitung.

"Untuk tahap awal, empat lokasi yang akan ditinjau dan tidak kemungkinan peninjauan akan dilanjutkan ke kawasan industri lainnya," ujarnya.

Berdasarkan hasil pembicaraan sementara, kata dia, calon investor dari Perusahaan China Harbour sudah menyatakan berminat berinvestasi mengembangkan perlabuhan dan pembangkit tenaga listrik di daerah ini.

"Kita melirik perusahaan asal Tiongkok ini, karena mereka perusahaan besar dan sudah teruji kualitasnya," ujarnya.

Misalnya, Perusahaan China Harbour merupakan investor pembangunan Jembatan Suramadu, Pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan besar di Indonesia lainnya.

"Mudah-mudahan kerja sama pengembangan pelabuhan ini terealisasi dengan baik, sehingga akan meningkatkan perdagangan dan lalu lintas barang serta orang di daerah ini," ujarnya. (ant/02)

Komentar Anda