Wednesday, 27 May 2020 | 05:17 PM

Serumpun Sebalai
13 March 2020,09:54 PM

BangkaNews.id, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Perhubungan mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona  (covid-19) di Babel.

Salah satu upaya pencegahan dilakukan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan membersihkan lingkungan secara bergotong-royong.

Kelurahan Gajah Mada Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang dipilih sebagai lokasi aksi bersih lingkungan, karena berada tidak jauh dari kawasan terminal. Selain itu, di tempat ini terdapat pasar dan Puskesmas  Melintang.

"Mari kita bersama-sama mencegah penyebaran virus corona ini melalui kesadaran dalam perilaku hidup bersih dan sehat, untuk meningkatkan kualitas hidup. Pemprov Babel khususnya Dinas Perhubungan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan," ajak Sekretaris Dishub Babel, Zanuari  Anizar, di sela-sela gotong royong di areal Terminal Kampung Keramat, Jumat pagi, 13 Maret 2020.

Dikatakan Zanuari, Gubernur Erzaldi menaruh perhatian serius terhadap pencegahan penyebaran virus corona d tengah masyarakat Babel.

Selain melalui instruksi tertulis, Pemprov Babel ikut mendorong OPD bersama masyarakat dan institusi lainnya untuk melakukan Germas. Sinergitas antar instansi diharapkan dapat membangun kepercayaan fan dukungan masyarakat terhadap upaya pemerintah dalam mencegah dan memberantas penyebaran Covid-19. 

Zanuari juga mengimbau agar masyarakat membiasakab diri mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, penggunaan masker bagi yang sakit, serta mencari perawatan medis jika mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

"Setiap individu dapat mengambil peran untuk melawan corona dengan melakukan langkah pencegahan sesuai anjuran," imbuhnya.

Sekretaris Camat Rangkui, Andika Saputra, menyebutkan bahwa pihaknya mendukung upaya Pemprov Babel melalui Germas. Pihaknya bahkan rutin menggelar kegiatan Jumat Bersih untuk menjaga lingkungan pemukiman masyarakat.

"Kami sepakat dalam sebulan itu harus ada gerakan gotong royong bersama seluruh kelurahan. Dan setiap kelurahan melakukan secara rutin setiap Jumat," ujarnya.

Melalui gotong royong, Andika berharap kawasan terminal hilang dari kesan semrawut dan kurang perhatian. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan mengelola kebersihan terminal dan sekitarnya.

Pada gotong royong kali ini melibatkan kalangan pelajar, puskesmas, LPM, karang taruna, Satgas Smile Kelurahan, hingga pihak Pemprov Babel, kelurahan dan Kecamatan Rangkui. Selain itu, diturunkan juga dua unit  armada pengangkut sampah.

Usai gotong royong, pihak Puskesmas Melintang melakukan gerakan enam langkah mencuci tangan dengan bersih kepada para pelajar dan masyarakat.(IM)

Komentar Anda