Friday, 26 April 2024 | 10:45 AM

Otomotif
26 May 2023,05:13 PM

BangkaNews.id -- Pangkalpinang Fenomena ini cukup mengganggu, terutama bagi mereka yang terbiasa melakukan aktivitas di jalanan atau di luar ruangan. Saat suhu panas ekstrem melanda Indonesia seperti sekarang ini, berkendara menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara motor maupun mobil. Apalagi pengguna jalan raya saat ini di dominasi oleh pengendara sepeda motor.(26/05/23)

Anggie Faeza Sirkandi selaku instruktur Safety Indonesia dari Honda Babel mengatakan “Memang betul saat ini kita sedang terpapar cuaca panas yang ekstrim pada siang hari, oleh karena itu akan lebih baik bagi masyarakat yang kesehariannya berkendara pada siang hari di himbau untuk tetap jaga agar tubuh tidak banyak kehilangan cairan selama berkendara, dan juga pastikan keadaan kendaraan sebelum memulai perjalanan jauh.”

Panas yang berlebih dapat mempengaruhi konsentrasi dan kesehatan. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan beberapa tips agar tetap aman dan nyaman saat berkendara di cuaca panas yang ekstrem. 

Berikut ini adalah tips berkendara saat suhu panas ekstrem yang bisa kamu terapkan:

1. Memakai Pakaian yang Sesuai

Saat berkendara di cuaca panas, pilihan pakaian juga penting untuk diperhatikan.
Pilih pakaian yang ringan, longgar, dan berbahan kain yang mudah menyerap keringat seperti katun. Hindari memakai pakaian berwarna gelap atau hitam karena akan menyerap panas dan membuat kamu merasa gerah.

Apabila menggunakan motor, pastikan untuk tetap #Cari_Aman menggunakan helm dan sarung tangan yang sesuai agar kamu terlindungi dari sinar matahari. Jangan lupa gunakan sunscreen pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaianmu.

2. Siapkan Air Minum

Jangan lupa membawa air minum saat berkendara di suhu panas yang ekstrem. Air minum bisa membantu kamu menjaga kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jangan mengandalkan minuman berkafein atau beralkohol karena dapat membuat kamu semakin dehidrasi.

3. Periksa Suhu Mesin Secara Berkala

Suhu panas yang ekstrem dapat membuat mesin kendaraan kamu bekerja lebih keras dan lebih mudah terjadi kerusakan. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan suhu mesin kendaraan secara berkala. Pastikan suhu mesin dalam batas normal dan jangan terlalu lama berhenti di bawah terik matahari.

4. Hindari Berkendara di Siang Hari

Saat suhu panas mencapai puncaknya di siang hari, sebaiknya kamu menghindari berkendara di waktu tersebut. Lebih baik menunda perjalanan kamu hingga sore hari atau malam hari ketika suhu lebih dingin dan lebih nyaman. Jika terpaksa harus berkendara di siang hari, pastikan kamu beristirahat dan minum air secukupnya.Kita sebagai pengguna jalan raya, mari lebih memperhatikan kondisi badan dan kendaraan saat berkendara. 

Agar tidak menjadi bencana bagi kita dan orang lain, karena sejatinya orang yang kita sayangi sedang menunggu kehadiran kita dirumah. Berkendaralah dengan baik dan tetap selalu #Cari_Aman (red)

Komentar Anda