Sunday, 28 April 2024 | 02:29 AM

Ekonomi
24 August 2016,08:45 AM

BangkaNews - Walaupun cuaca tak menentu, sekitar 90 persen nelayan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memilih tetap melaut demi memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. 

"Kondisi cuaca diperairan daerah ini sedang tak menentu, nelayan kita memilih tetap melaut untuk menghidupi keluarganya,"ujar Ketua HNSI Bangka, Ridwan di Sungailiat, Selasa (23/8).

Menurut dia, kondisi gelombang air laut di daerah ini mencapai ketinggian dua meter lebih dan diprediksi akan berangsur normal hingga tiga bulan kedepan.

"Sulit sekali memprediksi cuaca saat ini karena kemarin kemarin gelombang tenang, tapi kini gelombang tinggi,"katanya.

Kendati demikian, Ridwan berharap kepada para nelayan daerah ini mengutamakan keselamatan saat sedang melaut diperairan laut Bangka di saat kondisi cuaca yang tak menentu saat ini.

"Selain itu, perhatikan juga peralatan lainnya seperti alat komunikasi dan tetap laporkan kepada syahbandar sebelum pergi melaut guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan,"katanya.

Tak cuma itu saja, dia berharap kepada pemerintah daerah ini untuk memperhatikan para nelayan daerah ini yang sebagian memilih menambatkan perahunya ketimbang pergi melaut.

"Pemerintah juga kami harap proaktif saat melihat kondisi ini. Karena rata rata mereka yang melaut ini dalam keadaan terpaksa demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya,"katanya (Lio).

Komentar Anda